Tuesday, February 18, 2020


APA ITU SERANGAN JANTUNG ? BAGAIMANA MENGATASI NYA? BAGAIMANA TERAPI DENGAN MINYAK VARASH?
Simak penjelasannya🙏

Serangan jantung merupakan kondisi medis darurat ketika darah yang menuju ke jantung terhambat. Gangguan aliran darah ke jantung bisa merusak atau bahkan menghancurkan otot jantung dan bahkan bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, seseorang yang mengalami serangan jantung harus segera dibawa ke rumah sakit terdetak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

❣ Kenali Penyebabnya
Serangan jantung terjadi karena adanya pasokan darah ke jantung terganggu, sehingga membutuhkan pasokan darah konstan yang mengandung oksigen. Apabila jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, maka otot-otot jantung akan rusak.

Jantung koroner merupakan salah satu penyebab utama yang paling sering menyebabkan serangan jantung. Namun, di samping itu ada pula beberapa kondisi lainnya yang bisa memicu serangan jantung.

🥀 Aneurisma
Kondisi ini terjadi karena adanya kelemahan pada dinding pembuluh darah yang pada akhirnya tidak bisa menahan tekanan darah yang mengalir melewatinya.

🥀 Hipoksia
Kondisi ini merupakan kurangnya pasokan oksigen di dalam sel dan jaringan tubuh. Alhasil, sel dan jaringan tubuh tak bia menjalankan fungsi normalnya.

🥀 Penyalahgunaan obat-obatan
Obat-obatan stimulan saraf bisa menyebabkan penyempitan pembuluh koroner, menghambat pasokan darah, serta bisa memicu serangan jantung.

🥀 Pola hidup tidak sehat, tidak olahraga, makan tidak sehat termasuk santen, minyak goreng-gorengan

🥀 Kebiasaan merokok yang kandungannya bisa memicu plak sumbatan.
Perokok pasif, tidak merokok tapi berada di sekitar orang-orang yang merokok malah lebih berbahaya.

🥀 Faktor turunan berdasarkan genetik. jika ada orangtua atau nenek-kakek yang punya riwayat penyakit jantung maka risiko kita terkena menjadi lebih tinggi.

❣ Kenali Gejala

🌻 Sesak Nafas
Sesak napas atau rasa nyeri di sekitar dada merupakan gejala awal umum dari serangan jantung. Rasa ini bisa terjadi beberapa menit, sering dianggap sebagai sesak napas atau gejala maag akut.

Namun, bila Anda memiliki kondisi yang meningkatkan risiko serangan jantung, atau sesak napas tidak hilang setelah beberapa menit, memeriksakan diri ke dokter adalah cara paling efektif untuk mencegah terjadinya serangan jantung mendadak.

"Biasanya, pasien mengungkapkan rasa sesak seperti sedang ditindih seekor gajah atau benda berat,"

🌻 Masalah pencernaan
Selain rasa terbakar atau nyeri di bagian dada, tanda serangan jantung lain yang kerap dikaitkan dengan penyakit maag ialah rasa mual, mulas, dan nyeri perut. Muntah-muntah yang diikuti dengan nyeri dada bisa menjadi salah satu tanda awal serangan jantung.

Tanda ini dinilai lebih sering dialami oleh pria ketimbang wanita. Tanda ini tidak boleh diabaikan terutama bila Anda juga mengalami kolesterol tinggi serta hipertensi.

🌻 Nyeri lengan
"Serangan jantung bisa dimulai dari nyeri pada dada yang menjalar ke bagian sisi tubuh seperti lengan. Namun, sejumlah pasien yang hanya mengalami nyeri pada lengan juga menunjukkan tanda penyakit jantung."

Nyeri pada lengan sebagai tanda penyakit jantung umumnya diikuti dengan kesemutan tanpa adanya sebab yang jelas. Bila rasa nyeri pada lengan sering terjadi, maka baiknya tak menunda untuk memeriksakan kesehatan ke dokter.

🌻 Ingin pingsan
Ada banyak hal yang bisa membuat Anda merasa pusing dan hilang keseimbangan seperti ingin pingsan, seperti kurang makanan atau mengubah posisi dari duduk ke berdiri terlalu cepat.

Namun, bila kondisi ingin pingsan ini terjadi tiba-tiba saat Anda sedang duduk, ini bisa menjadi tanda awal serangan jantung. "Ini bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa darah seperti seharusnya,"

🌻 Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan kemungkinan besar terjadi akibat infeksi akibat flu atau sinus. Namun, bila sakit tenggorokan terasa hingga ke bagian dada, maka itu bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

🌻 Mendengkur tak wajar
Kelelahan atau sumbatan pada saluran napas bisa menyebabkan seseorang mendengkur dan itu wajar. Namun, bila suara dengkuran terdengar tidak wajar, maka itu bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

Suara dengkuran yang tidak wajar berbunyi keras dan seperti megap-megap lalu tersedak. Saat itu, paru-paru akan berhenti bernapas dan memberi tekanan ekstra pada jantung.

🌻 Keringat dingin
Bila tubuh sering mengeluarkan keringat dingin dalam jumlah banyak tanpa alasan jelas, hindari untuk melakukan aktivitas tertentu, seperti menyetir atau naik dan turun tangga.

Keringat dingin yang tidak disertai demam dan terjadi mendadak bisa menjadi tanda awal penyakit jantung yang perlu diwaspadai.

🌻 Batuk Tas Sembuh
Batuk bukanlah tanda umum dari masalah jantung. Namun, bila Anda termasuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung, maka batuk yang tak kunjung reda bisa menjadi tanda awal terjadinya serangan jantung.

Bila batuk dalam kasus ini juga disertai dengan lendir putih atau merah muda, maka itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi ritme tubuh, menyebabkan darah bocor dan kembali ke paru-paru.

🌻 Detak jantung tidak teratur
Jantung yang berdebar ketika gugup adalah hal wajar. Namun bila Anda merasa jantung sering berdetak lebih cepat dalam beberapa detik dan kemudian kembali normal, kondisi ini perlu mendapat perhatian.

"Dalam kebanyakan kasus, itu disebabkan oleh sesuatu seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidu. Tetapi, bila itu terjadi tanpa sebab, itu bisa menandakan kondisi yang disebut atrial fibrilasi yang membutuhkan perawatan."

🌻 Kaki bengkak
Ini bisa menjadi tanda bahwa jantung Anda tidak mampu memompa darah seperti seharusnya. Jantung yang bermasalah dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan air dan garam dari tubuh, sehingga menyebabkan bengkak, terutama di bagian kaki.

❣ Cara Memberikan Pertolongan
🌸 Pasien harus duduk beristirahat dan berusaha tetap tenang. Ia dapat duduk di kursi, di lantai, atau bersandar pada dinding. Duduk di lantai membuat mereka lebih tidak berisiko mengalami cedera jika pingsan.

🌸 Longgarkan semua pakaian.
🌸 Hindari memberikan apa pun melalui mulut, kecuali nitrogliserin atau obat lain yang sudah pernah diresepkan sebelumnya. Segera berikan dengan cara meletakkan tablet di bawah lidah.
🌸 Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat.
Segera lakukan RJP (resusitasi jantung paru) setelah menghubungi UGD, jika pasien tidak sadar atau tidak merespons. Lakukan RJP lebih dulu selama satu menit sebelum mengontak UGD jika pasien adalah balita atau anak-anak.
🌸 Panggil bantuan terdekat jika Anda merasa panik. Tetapi jangan sekali-sekali meninggalkan pasien sendirian.
🌸 Berikan persuasi positif sambil menunggu ambulans datang, jangan menunggu hingga gejala berlalu untuk memanggil bantuan.
🌸 Juga jangan membujuk pasien untuk menganggap bahwa gejalanya adalah hal biasa.

❣ Cara Menghindari Serangan Jantung Ringan
🍁Berhenti Merokok
🍁Memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat
🍁Mengobati diabetes dan hipertensi
🍁Berolahraga secara teratur
🍁Menghindari minuman beralkohol
🍁Mengelola stres atau depresi dengan baik
🍁Rurin Balur dengan minyak Varash
Cara Balur :
🌷 telapak kaki hingga sela-sela jari kaki
🌷 sepanjang tulang belakang
🌷 bagian dada, telinga hingga belakang telinga

Balurkan sambil memberikan pijatan ringan. Setelah melakukan terapi, minum 1-2 gelas air hangat. Agar kerja jantung tidak berat boleh minum setengah gelas per 15 menit.

Semoga Bermanfaat 🥰

Konsultasi online, order/daftar reseller varash
⬇️⬇️⬇️
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#varashdepok
Varash
Facebook : Artha Lily Varash
Instagram : @artha_lily_varashdepok
👉WhatsApp : 087872717836
https://www.varashdepok.com.
 Youtube : https://m.youtube.com/channel/UCl21bhm3TrBPrRhdjF30GUw
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

No comments:

Post a Comment